Jumat, 29 Juli 2011

Penjualan Album Amy Winehouse Meningkat

Penjualan Album Amy Winehouse Meningkat
Ribuan penggemar Amy Winehouse memborong Rehab --lagu ungggulan dari album Back in Black-- di Amerika Serikat setelah mendapat kabar mengenai kematian penyanyi berbakat Inggris itu pekan lalu, kata data yang dikeluarkan pekan ini. 

Nielsen SoundScan, organisasi yang mencatat rekor penjualan album musik, mengatakan para penggemar penyanyi itu secara serentak membeli 50.000 CD Amy Winehouse pada 24 Juli lalu, jauh diatas penjualan rata-rata tiap pekan dalam 2001 yaitu 44.000 keping tiap pekan. 

Album hitsnya pada 2006, Back in Black, yang mengusung lagu andalan Rehab menyumbang 37.000 dari jumlah yang dijual di Amerika Serikat, yang secara total mencapai pekan tertinggi sejak Maret 2008. Album debut Winehouse pada 2003, Frank terjual 7.600 kopi, kata Nielsen SoundScan. Dari total itu, lebih dari 95% diunduh secara digital. 

Rehab, salah satu lagu unggulan penyanyi yang memiliki ciri khas rambut sarang lebah itu terkenal dengan liriknya yang menggambarkan pernolakan pergi ke rehabilitasi untuk melawan kecanduan. "Mereka mencoba untuk memaksa saya pergi ke rehabilitasi. Saya berkata 'tidak, tidak tidak'." 

Single itu adalah single tersering diunduh dengan jumlah penjualan digital mencapai 34.000 di Amerika Serikat. 

Para penggemar Amy Winehouse secara total membeli 111.000 rekaman digital dengan cara mengunduh, meningkat 2.000% dibanding pekan sebelumnya, kata Nielsen SoundScan. 

Winehouse ditemukan tewas di rumahnya di London, pada 24 Juli, di usia 27, sehingga kemungkinan angka penjualan akan mengalami lonjakan yang lebih tinggi untuk pekan depan yang berakhir pada Sabtu 31 Juli, karena para penggemarnya baru mengetahui informasi mengenai kematian penyanyi itu pada pekan terakhir penghitungan. 

Sepanjang karirnya penyanyi itu berjuang melawan ketergantungan terhadap narkotika dan alkohol, tetapi pada Selasa pekan lalu, menurut ayahnya, Amy telah secara rutin berolahraga dan melakukan yoga.. 

Autopsi telah dilakukan, tetapi penyebab resmi kematian belum ditetapkan karena pihak berwenang masih menanti hasil tes toksikologi. 

Lonjakan pembelian album Back in Black di Amerika Serikat merupakan cerminan peristiwa serupa di Inggris yang mana 24 jam setelah kematian Amy Winehouse, Back in Black menduduki AS lonjakan penjualan hasil cermin di Inggris di mana 24 jam setelah kematian itu Winehouse, ABack in Black menduduki tempat teratas di iTunes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar